RSS

Langkah Mudah Lakukan Diet Diabetes

Langkah Mudah Lakukan Diet Diabetes

Jangan konsumsi daging merah berlebihan, tak peduli apakah Anda penyuka steak atau sate jika Anda tak mau beresiko terkena diabetes.

Peneliti di Harvard School of Public Health mengemukakan bahwa 50 gram daging merah setiap hari akan membawa Anda pada vonis diabetes.

Tak tanggung-tanggung, resiko yang Anda terima berkisar 51 persen dibandingkan mereka yang tak mengonsumsi daging merah setiap hari. Jelaslah, daging merah harusnya tak masuk dalam menu diet diabetes, kecuali hanya selingan sekali  dalam seminggu. Itupun dengan cara memasak yang aman untuk Anda.

Jika hasil tes menunjukkan kadar gula darah Anda melebihi normal dan fungsi insulin Anda terganggu, maka secara otomatis Anda adalah penderita diabetes melitus, dan diet diabetes adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan sekarang.

Menu Diet Terbaik untuk Penderita Diabetes

Apakah perlu membayar seorang ahli gizi untuk memberikan Anda menu diet diabetes yang sesuai untuk Anda? Tentu iya, jika Anda punya cukup uang. Jika Anda ingin berhemat, tips di bawah ini bisa digunakan.

Ganti nasi dengan karbohidrat serat, seperti gandum utuh, roti, tepung whole wheat, beras merah, kentang, dan sereal. Jika cukup telaten, menghitung asupan karbohidrat yang Anda konsumsi dengan melihat panduan Glycemix Indeks (GI) bisa jadi ide yang menakjubkan.

Selain karbohidrat serat, sayuran segar kaya serat adalah menu terbaik untuk diet diabetes, dan di antara yang terbaik untuk dikonsumsi adalah kol, mentimun, dan selada. Tak perlu memasaknya dengan campuran berbagai bumbu, cukup konsumsi mentah-mentah atau dikukus saja.

Juga, jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan. jeruk, buah berri, tomat, dan buah Noni adalah yang terbaik. Bahkan, buah Noni memiliki kandung proxeronin yang mampu memperbaiki kerja pankreas dalam memproduksi insulin. Jadi secara tidak langsung, buah Noni ini mampu menekan kadar gula darah dan menstabilkannya. Anda juga dapat memvariasikan diet diabetes Anda dengan protein rendah/tanpa lemak.

Protein yang boleh dikonsumsi seperti sirloin, daging ayam tanpa kulit, tahu, kacang kedelai, dan ikan panggang atau kukus. Hindari makanan kalengan, selain karena banyaknya zat pengawet yang terkandung dalam makanan ini, kandungan sodiumnya yang tinggi juga perlu diwaspadai.

Mengonsumsi makanan dengan sodium rendah dimaksudkan untuk melindungi ginjal Anda. Selain ginjal, menghindari sodium bisa mengurangi resiko darah tinggi. Jadi, diet diabetes ini tak hanya melindungi pankreas Anda, tapi juga melindungi organ Anda yang lain. Menarik bukan?

Vitamin D dan Olahraga Menyempurnakan Diet Diabetes Anda

Tips lain yang bisa Anda lakukan adalah banyak berjemur di bawah matahari pagi karena pro-vitamin D yang diubah menjadi vitamin dalam tubuh Anda akan membantu meningkatkan fungsi sel yang memproduksi insulin.

Olahraga memegang peranan sangat penting untuk keberhasilan diet diabetes Anda. Ada dua alasan yang mendukung argumen ini. Pertama, Anda harus menjaga berat badan Anda senormal mungkin, karena sedikit saja Anda kelebihan berat badan, kadar gula dalam darah Anda bisa semakin tinggi, mengingat kalori yang Anda bakar harus semakin banyak.

Kedua, Anda harus menjaga stamina Anda, agar aktivitas Anda tak terganggu, dan olahraga adalah jawaban terbaik untuk masalah stamina. Jadi, selama bisa berdamai dengan menu diet dan jadwal olahraga yang sudah Anda susun, diabetes bukan musuh utama Anda saat ini.

Informasi lengkapnya di: http://www.deherba.com/langkah-mudah-lakukan-diet-diabetes.html#ixzz2TWO2HsRP

 
Leave a comment

Posted by on May 17, 2013 in article, kesehatan, Tips

 

Tags: ,

Tips dan Cara Mencegah Penyakit Jantung

Tips dan Cara Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Fungsi jantung akan terganggu jika terdapat gangguan seperti:

Otot jantung yang lemah. Ini adalah kelainan bawaan sejak lahir. Otot jantung yang lemah membuat penderita tak dapat melakukan aktivitas yang berlebihan.

Pemaksaan kinerja jantung yang berlebihan akan menimbulkan rasa sakit di bagian dada, dan kadangkala dapat menyebabkan tubuh menjadi nampak kebiru-biruan. Penderita lemah otot jantung ini mudah pingsan.

Adanya celah antara serambi kanan dan serambi kiri. Hal ini terjadi karena tidak sempurnanya pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi saat penderita masih di dalam kandungan. Hal ini menyebabkan darah bersih dan darah kotor tercampur.

Penyakit ini juga membuat penderita tidak dapat melakukan aktivitas yang berat, karena aktivitas yang berat hampir dapat dipastikan akan membuat tubuh penderita menjadi biru dan sesak napas, walaupun tidak menyebabkan rasa sakit di dada. Ada pula variasi dari penyakit ini, yakni penderitanya benar-benar hanya memiliki satu buah serambi.

 Tips dan Cara Mencegah Penyakit Jantung

 Untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

Pola Makan Sehat

Makanan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi perlu Anda hindari.Makanan seafood dapat membahayakan jantung karena mempunyai kandungan kolesterol tinggi.Goreng-gorengan atau makanan yang digoreng yang banyak mengandung lemak perlu Anda kurangi, sebaliknya untuk makanan bisa Anda olah dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang.

Anda harus mengusahakan untuk produk makanan yang dimakan rendah lemak atau tanpa lemak. Keju, mentega, atau makanan lain yang rendah lemak dapat Anda pilih.

Apabila Anda harus mengolah makanan dengan cara digoreng, Anda bisa memilih menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng karena memiliki kandungan lemak yang sedikit.

Selain menghindari makanan berlemak, Anda juga perlu menghindari makanan dengan kadar gula yang tinggi. Minuman seperti soft drink juga perlu Anda hindari karena banyak mengandung gula yang tinggi.

Konsumsi karbohidrat juga jangan terlalu banyak karena dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi lemak. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan gandum atau oat yang dapat membantu menjaga jantung tetap sehat.

Hindari dari kegemukan dengan menjaga pola makan agar tidak berlebihan, risiko lebih besar terkena penyakit ini apabila seseorang memiliki lingkar pinggang lebih dari 80 cm.

Berhenti Merokok

Agar kesehatan jantung Anda tetap terjaga hindarilah dari merokok karena rokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung. Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan aktivitas ini, segeralah hentikan kebiasaan ini agar jantung tetap sehat.

Hindari Stres Berlebihan

Sangat sulit memang untuk menghindari stres di kota besar seperti Jakarta yang dikenal karena kemacetan dan kesibukannya. Hormon kortisol akan dikeluarkan oleh tubuh pada saat seseorang mengalami stres yang dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku.

Akibat dari naiknya tekanan darah juga dapat disebabkan oleh stres, karena hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres. Hindarilah stres baik di kantor atau di rumah karena dengan menghindari stres sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. 

Obati Hipertensi

Penyakit jantung juga dapat disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau problem hipertensi. Hipertensi dapat melukai dinding arteri dan memungkinkan kolesterol LDL memasuki saluran arteri dan meningkatkan penimbunan plak. Silahkan baca selengkapnya artikel kami tentang hubungan antara hipertensi dengan penyakit jantung di sini.

Turunkan Obesitas

Meningkatnya tekanan darah tinggi dan ketidaknormalan lemak disebabkan karena obesitas atau kelebihan berat badan. Cara utama untuk menghindari obesitas adalah dengan menghindari atau mengobati obesitas atau kegemukan. Diabetes dapat mempercepat penyakit jantung koroner dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Olahraga Secara Teratur

Lakukanlah olahraga seperti jalan cepat, jalan kaki atau jogging. Jenis kegiatan olahraga yang tidak bersifat kompetisi dan tidak terlalu berlebihan dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

Konsumsi Antioksidan

Radikal bebas dalam tubuh disebabkan adanya polusi udara, asap kendaraan bermotor atau asap rokok. Penyebab dari bisul atau endapan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan adalah dari radikal bebas.

Anda dapat menggunakan antioksidan untuk mengeluarkan radikal bebas dalam tubuh, karena antioksidan berfungsi untuk menangkap dan membuangnya. Anda dapat memperoleh antioksidan dari macam buah-buahan dan sayuran.

Perhatikan Faktor Keturunan

Faktor keturunan bisa menjadi penyebab terserang penyakit jantung, sebagai contoh seseorang yang orang tua atau saudara kandungnya pernah mengalami serangan jantung sebelum usia 60 memiliki risiko lebih besar menderita penyakit ini.

Apabila Anda mempunyai kerabat atau keluarga yang pernah mengalami serangan jantung untuk lebih berhati-hati dalam menjaga pola makan dan gaya hidup Anda untuk menunjang jantung sehat.

Ayo, sayangi jantung Anda!

sumber:http://www.doktercantik.com/2260/tips-dan-cara-mencegah-penyakit-jantung.html

 
Leave a comment

Posted by on May 17, 2013 in article, kesehatan, Tips

 

Tags:

Ciri-Ciri Penyakit Jantung Koroner dan Pencegahannya

Apa itu Jantung Koroner?

Penyakit kardiovaskuler, terutama jantung koroner, yang ditandai dengan serangan jantung, masih menempati peringkat pertama penyabab kematian di Indonesia.

Penelitian Havard University mengatakan sumber penyakit jantung adalah mikroba. tidak akan menempel kolesterol di pembuluh darah jantung bila tidak ada yang mengawali. mikroba ini yang menyebabkan kolesterol berkumpul di pembuluh darah jantung.

Ciri-Ciri Penderita Jantung Koroner

•    Nyeri pada dada kiri
•    Sesak napas
•    Irama jantung tak beraturan
•    Keringat dingin
•    Mual dan muntah

Tips Pencegahan Penyakit Jantung Koroner Sejak Dini

  1. Pola makan sehat
    Hindari makanan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi. Seafood memiliki kandungan kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung. Kurangi menyantap makanan yang digoreng yang banyak mengandung lemak, sebaliknya makanan dapat diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang. Menggoreng dengan menggunakan minyak zaitun memiliki kandungan lemak yang sedikit sehingga bisa menjadi pilihan bila harus mengolah makanan dengan cara digoreng.
  2. Hindari juga makanan dengan kandungan gula tinggi
    seperti soft drink, usahakan menggunakan gula jagung. Jangan pula tertalu banyak mengkonsumsi karbohirat, karena dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi lemak. Sebaliknya, konsumsi oat atau gandum yang dapat membantu menjaga jantung tetap sehat.
  3. Menjaga Tubuh ideal dari  kegemukan
    karena seseorang yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 80 cm, berisiko lebih besar terkena penyakit ini.
  4. Berhenti merokok
    Mengisap rokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung, maka segera hentikan kebiasaan ini agar jantung tetap sehat.
  5. Hindari Stres
    Stres memang sangat sulit dihindari jika hidup di kota besar seperti Jakarta yang dikenal karena kemacetan dan kesibukannya. Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres, yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Maka, sangat baik bila Anda menghindari stres baik di kantor atau di rumah.
  6. Hipertensi
    Problem hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan penyakit jantung. Hipertensi dapat melukai dinding arteri dan memungkinkan kolesterol LDL memasuki saluran arteri dan meningkatkan penimbunan plak.
  7. Obesitas
    Kelebihan berat atau obesitas meningkatkan tekanan darah tinggi dan ketidaknormalan lemak. Menghindari atau mengobati obesitas atau kegemukan adalah cara utama untuk menghindari diabetes. Diabetes mempercepat penyakit jantung koroner dan meningkatkan risiko serangan jantung.
  8. Olahraga secara teratur
    Anda dapat melakukan kegiatan olahraga seperti berjalan kaki, jalan cepat, atau jogging. Kegiatan olahraga yang bukan bersifat kompetisi dan tidak terlalu berlebihan dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.
  9. Konsumsi antioksidan
    Polusi udara, asap kendaraan bermotor atau asap rokok menciptakan timbulnya radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan bisul atau endapan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan. Untuk mengeluarkan kandungan radikal bebas dalam tubuh, perlu adanya antioksidan yang akan menangkap dan membuangnya. Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran.
 
Leave a comment

Posted by on April 12, 2013 in article, kesehatan, notes

 

Tags: ,

Mustajabnya Do’a Dzun Nuun, Nabi Yunus

Tahukah Anda siapa Dzun Nuun? Nuun itu bermakna ikan. Dzun Nuun adalah sebutan untuk Nabi Yunus ‘alaihis salam yang pernah ditelan oleh ikan. Cobalah kita lihat wahai saudaraku, bagaimanakah mustajabnya do’a Nabi Yunus ‘alaihis salam.

Hal ini pernah disebutkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

دَعْوَةُ ذِى النُّونِ إِذْ دَعَا وَهُوَ فِى بَطْنِ الْحُوتِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ. فَإِنَّهُ لَمْ يَدْعُ بِهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ فِى شَىْءٍ قَطُّ إِلاَّ اسْتَجَابَ اللَّهُ لَهُ

Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: LAA ILAAHA ILLAA ANTA SUBHAANAKA INNII KUNTU MINAZH ZHAALIMIIN (Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk diantara orang-orang yang berbuat aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah melainkan Allah kabulkan baginya.” (HR. Tirmidzi no. 3505. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Mengenai do’a Nabi Yunus ‘alaihis salam ini juga disebutkan dalam ayat,

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ (87) فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ (88)

Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau. Maha suci Engkau, sesungguhnya aku adalah Termasuk orang-orang yang zalim.” Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.” (QS. Al Anbiya’: 87-88)

Kenapa do’a Nabi Yunus mudah diijabahi?

Karena dalam do’a beliau tersebut terdapat pengakuan pada ketauhidan Allah ‘azza wa jalla dan pengakuan terhadap setiap dosa, kesalahan dan kezholiman yang diperbuat diri sendiri.

Intinya dalam do’a Dzun Nuun ini ada tiga keistimewaan:

1.       Pengakuan tauhid.

2.       Pengakuan akan kekurangan diri.

3.       Berisi permohonan ampun (istighfar) pada Allah

Sudah sepatutnya bagi setiap hamba yang mengalami kegelisahan dan kesedihan untuk banyak-banyak mengulang do’a ini dan menambahkan dalam setiap do’anya. Niscaya Allah  pun akan mudah mengijabahi doanya. Jadi awalilalh setiap doa apa saja dengan doa Dzun Nuun ini, niscaya doa tersebut akan diijabahi dengan izin Allah. Yakinlah!

Worth note during the journey in Riyadh with KSU’s student from mini book “Aktsar min 1000 Da’wah”, written by Kholid Al Husainan, page: 54-55.

Written a few minutes before Shubuh, on 13 Dzulqo’dah 1431 H (23/10/2010), in KSU, Riyadh, KSA

sumber:

http://rumaysho.com/belajar-islam/amalan/3224-mustajabnya-doa-dzun-nuun-nabi-yunus.html

 
Leave a comment

Posted by on April 4, 2013 in article, notes, Religius

 

Tags:

Jangan Katakan Kalimat Ini ke Anak Anda

Sebuah penelitian menunjukkan apa yang dikatakan orang tua ke anaknya bakal memberi dampak psikologis. Misalnya ketika anak lelaki Anda masih kecil dan memilih sebuah baju. Kemudian Anda berseloroh, “Ih, kamu pakai baju itu seperti gay.” Maka kalimat itu akan membekas di pikirannya dan membuat ia menjadi seorang transgender.

Kenapa bisa begitu? Kata dr John Cacioppo dari Universitas Chicago, kalimat negatif memberikan efek besar terhadap otak. Dampak ini disebut negative bias. Karena itu, kritikan akan lebih membekas di ingatan dibanding pujian. Dan menurut situs Your Tango, Senin, 3 September 2012, ada tiga kalimat yang tidak boleh Anda lontarkan pada seorang Anak.

1. Kamu bodoh
Banyak orang dewasa yang melemparkan ucapan bodoh ke anak atau orang yang lebih muda. Entah mereka serius atau tidak ketika mengucapkannya. Tapi yang pasti, ungkapan itu bakal tersimpan lama di pikiran serta hati si anak. Hasilnya, ia akan mempercayai pernyataan itu dan selalu menganggap dirinya memang bodoh.

2. Itu bukan pekerjaan bagus!
Ketika anak Anda beranjak dewasa, sudah menyelesaikan sekolahnya, datanglah waktu di mana ia harus memilih pekerjaan yang bakal dijalaninya. Bila sudah begitu, terimalah apa pun pekerjaan yang anak Anda pilih. Jangan sesekali Anda mengatakan ke dia, “Itu bukan pekerjaan bagus!”

Percaya atau tidak, ungkapan itu akan membuat anak Anda merasa sedih. Sebab itulah pekerjaan yang ia suka dan pilih. Terlebih lagi, komentar itu menunjukkan jika Anda tidak mempercayai kemampuannya.

3. Jangan bermimpi
Katakanlah hal itu pada anak Anda, maka masa depannya bakal runtuh. Sebab Anda, orang yang seharusnya memberi dukungan, malah meragukan kemampuannya. Otomatis ia akan meragukan dirinya juga. Merasa ia tak bisa melakukan apa-apa.

Dibanding mengungkapkan hal yang akan menghancurkan angan-angannya, lebih baik Anda mengatakan, “Itu ide keren!” Lalu tanya apa rencana si anak untuk meraih cita-citanya itu. Dan terus beri mereka dukungan.

sumber :http://www.tempo.co/read/news/2012/09/04/060427304/Jangan-Katakan-Kalimat-Ini-ke-Anak-Anda

 
Leave a comment

Posted by on September 4, 2012 in article, Parenting

 

Tags: ,

Tak Mau Diabetes? Batasi Waktu Duduk

“Duduk adalah kegiatan yang mematikan” ujar Dr James Levine, dari Mayo Clinic.

Menunjukan loyalitas pada perusahaan, tidak berati Anda mengesampingkan sisi kesehatan. Sebuah penelitian baru, menunjukan bahwa jangka waktu duduk dapat meningkatkan resiko diabetes tipe 2 pada wanita, seperti yang dilansir dalam My Health News Daily.

Kemungkinan wanita memiliki faktor resiko untuk diabetes, seperti resistensi insulin dan peradangan kronis semakin meningkat dengan banyaknya waktu yang dihabiskan untuk duduk.

Bahkan perempuan yang terlibat dalam aktivitas fisik sedang atau kuat juga berada pada resiko tanda awal diabetes. Hal ini tetap berkaitan dengan jumlah periode duduk yang dilakukan.

“ Jika hasil ini direplikasi, mereka memiliki aplikasi untuk rekomendasi gaya hidup dan intervensi perubahan perilaku kesehatan. Waktu duduk yang minim sangat penting untuk menghindari penyakit kronis pada wanita” tulis para peneliti dalamAmerican Journal of Preventive Medicine.

Selain itu, studi lain yang diterbitakan dalam  American Journal of Epidemiology, menemukan bahwa pria yang duduk selama 6 jam sehari memiliki tingkat kematian hingga 20 persen lebih tinggi, jika dibandingka dengan pria yang hanya duduk selama 3 jam per harinya.

Sedangkan wanita dengan waktu duduk 6 jam per harinya, memiliki 60 persen tingkat kematian lebih tinggi.

“Duduk adalah kegiatan yang mematikan” ujar Dr James Levine, dari Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, New York.

Untuk menghindari hal negatif tersebut, sebaiknya Anda melakukan beberapa gerakan minimal satu jam dalam keseharian saat berada di kantor, seperti kegiatan di bawah ini:

1. Biasakan berdiri saat menerima telepon dan mengirim email.

2. Berjalan menuju pantry untuk membuat minuman, tanpa harus menunggu bantuan OB.

3. Pasang alarm setiap jam 3 sore, saat berdering itu tanda waktunya

4. Anda berjalan-jalan mengelilingi kantor.

5. Jangan manjakan naik lift, bila Anda hanya naik satu atau dua tingkat. Biasakan naik tangga untuk melatih otot.

sumber: http://kosmo.vivanews.com/news/read/319147-tak-mau-diabetes–batasi-waktu-duduk

 
1 Comment

Posted by on June 12, 2012 in article, kesehatan

 

Tags:

Studi: Kurang Tidur Memicu Risiko Stroke

Pemenuhan jam tidur menjadi hal yang patut mendapatkan perhatian sekarang ini. Di saat semakin sempitnya waktu, yang lebih banyak Anda habiskan untuk bekerja. Sebuah penelitian terbaru mengatakan, terutama mereka yang berusia paruh baya dengan jam tidur tidak teratur atau kurang, secara signifikan meningkatkan risiko stroke. Penelitian ini diberitakan melalui Health Day News, hari ini.

Sebanyak empat kali lipat peningkatan stroke justru terlihat pada mereka yang memiliki berat badan normal, dan jarang sekali mengalami gangguan tidur. Hanya saja, waktu tidur mereka kurang dari enam jam setiap harinya. Sedangkan pada mereka yang tergolong obesitas, justru menempati posisi ke dua terhadap resiko ini, seperti dilansir ivillage.com. “Tidur sangat penting,” demikian dikatakan Megan Ruiter, pemimpin penelitian di University of Alabama dan Birmingham’s School of Medicine.

Terbukti kurang tidur juga meningkatkan gangguan ketidak normalan pada sistem tubuh. Seperti peradangan dan juga meningkatkan tekanan darah dan pelepasan hormon yang menyebabkan stress yang lebih besar. Ini yang memicu terjadinya stroke. Read the rest of this entry »

 
Leave a comment

Posted by on June 12, 2012 in article, kesehatan

 

Tags: ,

 
%d bloggers like this: