RSS

Kenali Penyakit yang Dipicu dari Stres

23 Jun

Beban pekerjaan tinggi dan bekerja tak kenal waktu membuat tingkat stres di kalangan wanita karier makin melonjak. Selain itu, sering melewatkan waktu makan, mereka yang sibuk kerap mengganti jatah makan siang dengan menyambar kudapan ringan. Akibat pola makan kacau, daya tahan tubuh menjadi merosot dan rentan terserang penyakit. Lalu, gangguan seperti apa yang perlu diwaspadai jika stres sudah menyerang? berikut diantaranya..

1. Gatal-gatal karena alergi
Stres mengakibatkan ketidakseimbangan produksi hormon di dalam tubuh. Di antaranya mengakibatkan produksi histamin (sejenis hormon) yang berlebihan, yang dapat menimbulkan reaksi alergi berupa gatal-gatal pada kulit. Jika berkembang menjadi parah, gatal-gatal yang tadinya ‘ringan’ dapat berubah menjadi eksim. Pengobatan dapat dilakukan dengan meminum obat atau mengoleskan salep antihistamin.

2. Sakit kepala
Sakit kepala terjadi jika ada gangguan pada pembuluh darah, kontraksi otot, regangan kepala, serta proses peradangan. Tandanya, otot di daerah kepala, leher, dan bahu, terasa kaku serta mengeras. Selain terasa nyeri, biasanya kepala terasa berdenyut.Pengobatan terhadap sakit kepala bisa bervariasi. Ada sakit kepala yang lenyap dengan sendirinya setelah beristirahat, namun ada juga yang memerlukan obat dari golongan analgesic. Namun, jika disebabkan oleh stres yang terlalu berat, pengobatan perlu disertai pula dengan konsumsi obat penenang.

3. Penyakit 3L: Lemah, Letih, Lesu
Penyakit ini ditandai dengan tubuh terasa lelah dan lemas seperti kehilangan tenaga, tidak berselera makan, jari-jari gemetaran, serta terkadang diselingi demam. Saat terserang stres, biasanya konsentrasi hormon adrenalin dalam tubuh akan meningkat. Hormon ini yang menyebabkan otot-otot tubuh selalu berada dalam posisi siaga, sehingga membuat tubuh lelah.Untuk mengatasinya, perbaiki pola makan sehingga mendapat cukup asupan nutrisi. Jika perlu, Anda dapat pula melakukan olahraga ‘pasif’, yaitu pijat aromaterapi yang juga bermanfaat mengendurkan ketegangan.

4. Penyakit maag
Walau dapat disebabkan oleh kuman dan makanan, penyakit maag atau lambung erat kaitannya dengan stres. Orang yang mudah tersinggung dan emosional cenderung mudah terserang penyakit maag. Pada saat emosi bergejolak, asam lambung diproduksi berlebih sehingga melukai selaput lender lambung dan mengakibatkan radang atau luka pada lambung.

5. Hipertensi
Sebagian besar penyebab hipertensi adalah faktor keturunan, kondisi saraf, serta penyumbatan pembuluh darah akibat lemak. Gejala yang sering muncul adalah sesak napas, debar jantung tidak teratur, nyeri dada, serta gangguan penglihatan. Perbaiki pola hidup dengan menghindari rokok, dan kopi. Sedapat mungkin, hindari pula faktor pencetus stres dalam kehidupan sehari-hari, atau berlatihlah untuk mengelola stres dengan baik.•

sumber: VIVAnews
<a href=”http://kosmo.vivanews.com/news/read/61574-penyakit_yang_dipicu_dari_stres”>http://kosmo.vivanews.com/news/read/61574-penyakit_yang_dipicu_dari_stres</a>

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on June 23, 2009 in kesehatan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: