RSS

Tips Hemat Penggunaan Komputer

10 Jun
  1. Atur pencahayaan  dan kontras monitor. Tingkat pencahayaan dan kontras yang diatur terlalu tinggi akan menghabiskan banyak energi  serta dapat membahayakan kesehatan mata. Oleh karena itu, atur pencahayaan dan kontras pada tingkat yang lebih rendah. Tombol pengatur  pencahayaan biasanya terletak di bagian bawah monitor computer, sedangkan pada laptop biasanya terintegrasi di bagian keyboard.
  2. Sebaiknya gunakan wall paper berwarna gelap. Wallpaper monitor yang terang akan meningkatkan penggunaan energi.
  3. Matikan PC/laptop jika tidak digunakan dan cabut steker PC/laptop serta alat pendukung lainnya dari sumber listrik.
  4. Jika Anda akan meninggalkan PC/laptop Anda dalam waktu yang cukup lama, tetapi menginginkan semua aplikasi yang sedang Anda operasikan tetap terbuka ketika Anda menyalakannya lagi, gunakan mode Hibernate. Untuk menyalakan PC atau laptop setelah berhibernisasi, tekan tombol power.
  5. Antifkan mode standby jika Anda akan meninggalkan PC/laptop dalam waktu yang tidak terlalu lama. Simpan terlebih dahulu data-data sebelum Anda mengaktifkan mode ini. Untuk mengaktifkan kembali PC/laptop Anda tekan tombol enter
  6. Anda dapat mengaktifkan  mode hibernate dan mode standby melalui control panel. Pilih kategori performance and maintenance, pilih power option, lalu atur otomatisasi mode hibernate dan standby. Klik tab advance untuk mengatur perintah yang diberikan jika Anda mengaktifkan mode hibernasi dan standby secara manual.
  7. Bila baterai laptop telah terisi penuh, cabut charger agar baterai tahan lama dan tidak mudah rusak. Baterai dicabut atau dilepas jika akan menggunakan sumber  listrik dalam waktu yang lama
  8. Setelah pemakaian, segera lepaskan segala jenis peralatan, seperti flash disk, CD, memory card, dan lain-lain dari port computer atau laptop. Peralatan yang masih terpasang padaport computer dapat menambah pemakaian tenaga.
  9. Lebih baik memilih laptop dibandingkan PC jika anda tidak membutuhkan spesifikasi untuk melakukan program program yang berat. Laptop membutuhkan jauhlebih sedikit energy listrik dibandingkan PC.
  10. Biasanya produsen-produsen laptop menyertakan feature dan software power management. Software ini sangat berguna karena mampu mengatur pemakaian baterai dan daya listrik yang sedang digunakan. Dalam software ini terdapat beberapa pilihan yang dapat digunakan untuk mengetahui beban hard disk dan energi  lain yang sedang digunakan oleh laptop. Diantaranya mengetahui kecepatan prosessor atau pencahayaan monitor yang tepat untuk menghemat baterai.

Sumber: 240 tips berhemat (Shinta D. Ardhiyanti)

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on June 10, 2010 in Tips

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: