RSS

Akibat Helicobacter Pylori Bersarang di Lambung

05 Mar

Mual, mulas, perih, dan kembung merupakan gejala mag yang sudah dikenal masyarakat.

Ketika gejala itu muncul, banyak orang memakai obat mag yang banyak dijual di warung maupun toko obat.

Obat-obatan yang umumnya mengandung zat penetral asam itu memang cukup ampuh meredakan kelebihan asam lambung yang timbul saat mag kambuh.

Namun, ternyata tidak semua gejala mual, mulas, perih, dan kembung itu bersumber dari melonjaknya asam lambung. Ada penyebab lain yang tentunya. perlu metode lain dalam pemulihannya. Misalnya, pada kasus infeksi bakteri Helicobacter pylori di lambung.

“Bakteri ini pertama kali ditemukan dr Barry Marshall dan dr Robin Warren pada 1982 di Perth, Australia,” ujar praktisi dan pengamat kesehatan dr Guntur Darmawan di Jakarta, baru-baru ini.

Sebelum penemuan itu, lanjut Guntur, orang beranggapan tidak ada kuman yang sanggup bertahan hidup di dalam lambung, mengingat tingkat keasaman lambung yang tinggi.
Penemuan Helicobacter pylori telah mengubah total pemikiran tersebut.

Bakteri itu bisa beradaptasi dengan lingkungan lambung yang asam. Melekatnya Helicobacter pylori pada lambung menyebabkan peradangan terus-menerus.

Bila bakteri itu menginfeksi daerah antrum pilorik di lambung, bakteri itu meningkatkan produksi asam lambung dan menimbulkan tukak (luka).

Bila bakteri itu menginfeksi daerah korpus di lambung, produksi asam lambung justru menurun. Dalam jangka panjang, kondisi itu menyebabkan kanker lambung dan limfoma.

`’Telah terbukti, Helicobacter menyebabkan lebih dari 90% tukak usus dua belas jari dan sekitar 80% tukak lambung,” jelas Guntur.

Sejauh ini, mekanisme penularan bakteri ini belum diketahui secara
pasti, kemungkinan dari rute oral-oral atau fekal-oral.

Faktor kebersihan memegang peran penting karena data menunjukkan prevalensi infeksi lebih tinggi di negara berkembang dengan tingkat
kebersihan yang rendah.

Gejala yang timbul pada pasien bervariasi, mulai dari tanpa gejala, mual, muntah, kembung, tidak nyaman atau nyeri ulu hati, penurunan nafsu makan, penurunan berat badan, muntah darah, dan buang air besar kehitaman sebagai akibat perdarahan tukak lambung.

Beberapa pemeriksaan penunjang telah tersedia untuk menegakkan diagnosis infeksi Helicobacter pylori.

Perlu antibiotik Untuk membasmi Helicobacter pylori, obat mag biasa saja tidak cukup. Antibiotik yang tepat dibutuhkan untuk melenyapkan bakteri itu dari lambung.

“Saat ini telah terdapat protokol terapi Helicobacter pylori. Terapi lini pertama berdurasi tujuh hari, tapi jika gagal perlu dilakukan terapi lini kedua dengan durasi 14 hari. Untuk mengevaluasi keberhasilan terapi dilakukan tes napas urea atau pemeriksaan biopsi jaringan,” jelas Guntur.

Tentunya tidak semua keluhan sakit mag disebabkan Helicobacter Pylori.

Namun, deteksi dini yang tepat akan adanya infeksi Helicobacter pylori pada keluhan sakit mag menjadikan infeksi tersebut dapat segera diberantas tuntas dan kemungkinan terjadinya kanker dapat dicegah. (*/S-3)

http://anax1a.pressmart.net/mediaindonesia/MI/MI/2011/03/02/ArticleHtmls/02_03_2011_015_016.shtml?Mode=0

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on March 5, 2011 in article, kesehatan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: